Sharing Data ( File & Folder ) Antara Windows XP Dengan Windows 7



Windows 7 memiliki fitur keamanan yang lebih baik dari windows generasi sebelumnya. Karena itu juga, cara system menangani file maupun folder juga sedikit berbeda. Terlebih lagi jika berhubungan dengan jaringan, banyak perbedaan dan perubahan pada struktur maupun tingkat keamanan user pada folder jaringan.
Pastikan PC windows 7 dan XP memiliki group yang sama. (Pada dasarnya hal ini bukan harga mutlak, tetapi akan lebih mudah jika anda membuat group yang sama untuk menghubungkan kedua perangkat komputer).





  • Buka Control Panel, pilih Network and Internet dan lanjutkan dengan klik Network anda Sharing Center.



  • Klik Change Advanced Sharing Setting dan rubah semua setting agar mengijinkan komputer lain bisa mengakses komputer windows 7 ini. Kalau perlu, jangan gunakan pilihan password protection sharing agar orang yang mengakses komputer anda tidak perlu lagi mengakses menggunakan password (Demi keamanan data-data anda, jangan pernah gunakan pilihan ini pada jaringan publik seperti hotspot di kafe, mall atau wilayah publik yang lain).






  • Setelah itu, klik Save Changes.
  • Lanjutkan dengan membuat folder yang akan di share dengan komputer lain.
  • Buka windows explorer dan buat folder baru. Klik kanan folder tersebut dan pilih properties.Klik tab Sharing diikuti dengan klik tombol Share.

  • Pada menu drop down, tambahkan user yang diizinkan untuk mengakses folder (Pada contoh kali ini kami menggunakan Evryone, yang intinya semua orang bisa akses tanpa melalui autenstikasi dan password).

  • Tambahkan tingkat perizinan pada user Everyone, apakah hanya bisa membaca saja atau bisa juga menambahkan file (menulis).


  • Terakhir, klik share dan di ikuti dengan klik tombol Done.
Setting sharing file pada windows xp professional
  • Buka windows explorer dan buat folder baru yang akan digunakan untuk sharing file.
  • Klik kanan folder tersebut dan pilih properties.
  • Klik tab Sharing dan beri tanda check pada bagian Share this folder on the network.

 









  • Jika anda mengizinkan orang lain untuk menulis atau menghapus file pada folder tersebut, beri tanda pada bagian Allow network users to change my files.
  • Terakhir kali, klik tombol OK.



  • Hasil setting folder sharing :
    Coba anda akses folder windows 7 melalui windows XP. Caranya, buka Control Panel, Network Connection, My Network Places. Cari dan klik dua kali nama komputer dari windows 7. Klik folder sharing dan coba anda ambil data dari sana. Jika anda mengizinkan akses read-write, coba anda lakukan penulisan. Bisa dengan cara membuat folder baru atau mencoba mencopy file dari komputer XP ke folder tersebut.

    Sekarang kembali ke komputer yang ber-OS Windows 7. Buka windows explorer, klik network pada bagian kiri paling bawah, kemudian pilih komputer yang terinstall Windows 7. Disitu anda akan melihat sebuah folder yang telah di share. Coba akses dan ambil beberapa file pada foler tersebut. Jika anda tadi memberikan akses read-write pada Allow network users to change my files, maka anda bisa mencopy, menambah maupun menghapus file pada folder share tersebut.
     


     Copy file dan folder siap dikerjakan....

    2 komentar:

    1. Way cool! Some extremely valid points! I appreciate you
      writing this article and the rest of the site
      is very good.

      Feel free to visit my page - compagnie de demenagement

      BalasHapus
    2. The otherr day, while I was at work, my cousin stoe mmy iphone and tested to see if it can survive a twenty five foot drop,just so she
      can be a youtube sensation. My iPad is now destroyed and she
      has 83 views. I know this is totally off topic
      but I hadd to share it with someone!

      my web-site déménageur sherbrooke

      BalasHapus

    Traffic Counter Site


    PageRank Checker
    View additional information about zest-warnet.info through Majestic SEO Site Explorer.
    zest-warnet.info review, PageRank, website value and SEO analytics
    zest-warnet.info Webutation

    Flag Counter

     © www.zest-warnet.info |Get This Widget |

    Arsip

    Real Time Analytics