Intel Larang Overclocking pada Chipset Non-Z?


Overclocking, sebuah teknik modifikasi untuk menghasilkan performa PC lebih tinggi dari standar pabrikan, tidak lepas dari berbagai kontroversi. Dari awalnya, overclocking terletak pada grey area, dimana keberadaannya seakan ‘diharamkan’ oleh sebagian para produsen hardware, namun ada juga yang menjadikan overclocking sebagai fitur unik. Seiring dengan perkembangan waktu, cukup banyak vendor hardware yang ‘menjual’ kemampuan overclocking ini sebagai fitur ‘premium’, misalnya saja Intel, yang menjual prosesor Intel ‘K-Series’ dengan harga lebih mahal dari prosesor ‘Non-K’ karena memiliki CPU Multiplier yang dikunci.
Belum lama ini, ada sebuah kejadian ‘tak biasa’ seputar platform Intel Core i Generasi 4 ‘Haswell’, dimana para vendor motherboard memberikan opsi untuk melakukan overclocking prosesor K-series pada motherboard berchipset murah. Dulunya, hal ini dicegah oleh Intel, karena Intel hanya mengijinkan overclocking untuk dilakukan pada motherboard berchipset premium, seperti chipset  Z-series(Z68,Z77,Z87, dsb).

Overclocking K-Series di B85 Motherboard

Tindakan para vendor motherboard untuk mengijinkan overclocking pada motherboard murah ini ternyata tidak ditanggapi dengan baik oleh Intel. Bagaimana tidak, Intel akan beresiko kehilangan keuntungan dari penjualan chipset Z-series dari modifikasi ‘tidak resmi’ seperti ini. Misalnya ada vendor motherboard yang membuat motherboard dengan desain regulator daya yang ‘tahan banting’ dan menggunakan chipset murah (B85 misalnya), tentunya ini sedikit banyaknya akan mengganggu motherboard Z87 kelas mainstream.
Menanggapi hal ini, Intel akan merilis microcode update terbaru mereka yang akan kembali membatasi overclocking K-Series CPU untuk hanya dilakukandi Z-series chipset. Microcode ini bisa diaplikasikan salah satunya dengan update BIOS motherboard. Belum jelas apakah Intel akan ‘memaksa’ setiap vendor motherboard di luar sana untuk memakai update microcode ini, atau pilihan tersebut diberikan kepada para pengguna.

Microcode Update untuk menghilangkan opsi overclocking di chipset Non-Z? Erm…no thanks







Sumber : TechPowerUp.

0 Comment:

Traffic Counter Site


PageRank Checker
View additional information about zest-warnet.info through Majestic SEO Site Explorer.
zest-warnet.info review, PageRank, website value and SEO analytics
zest-warnet.info Webutation

Flag Counter

 © www.zest-warnet.info |Get This Widget |

Arsip

Real Time Analytics