Ini Nilai Aset BlackBerry Jika Dijual



Beberapa waktu lalu, BlackBerry mengumumkan, adanya opsi kemungkinan untuk menjual perusahaannya. Tidak sedikit pihak yang mulai mempertanyakan, berapa besaran nilai aset dari perusahaan yang telah berdiri hampir 30 tahun itu, bila dijual ke pihak lain. Menurut analisis dari perusahaan investasi, BMO Capital Markets, nilai BlackBerry saat ini diperkirakan lebih dari US$ 5 miliar. Angka itu mencakup paten, perangkat keras dan lunak, serta jaringan server milik BlackBerry.

BMO Capital memprediksikan, unit bisnis hardware BlackBerry menelan biaya mencapai US$ 800 juta atau setara US$ 1,5 per lembar saham. Sementara paten, perangkat lunak, dan jaringan server keamanan BlackBerry masing-masing bernilai lebih dari US$ 1 miliar. Selain itu, perusahaan asal Waterlo, Kanada itu juga memiliki sekitar US$ 2,8 miliar dalam bentuk tunai.

“Paten dan kekayaan intelektual lainnya mungkin bernilai US$ 1 miliar, jaringan akan menjadi US$ 1,2 miliar, dan perangkat lunak sekitar 1,5 miliar dolar, akan memberikan BlackBery bernilai sekitar US$ 5,5 miliar atau US$ 10,50 per lembar saham,” kata Tim Long, analis di BMO Capital Markets yang berbasis di New York, dilansir Bloomberg.

Selain itu, BlackBerry masih memiliki cadangan kas yang cukup kuat pada akhir tahun fiskal ini, sebesar US$ 2,8 miliar dan tidak berhutang. Hingga akhir Juni ini, perusahaan itu juga memiliki 72 juta. Sebagian analis pun memandang, sebenarnya BlackBerry masih jauh, bila dikatakan telah memasuki jalan menuju kebangkrutan.
 
 
 


Sementara itu menurut Brian Huen, managing partner di Red Capital Management Sky, nilai bisnis unit perangkat keras yang merujuk pada smartphone keluaran Blackberry terus merosot. Ini membuat pembeli khawatir akan masa depan BlackBerry di pasar smartphone. Kendati demikian, lanjut Huen, pembeli mungkin bisa melihat aset lain yang dimiliki BlackBerry, terutama paten dan jaringan servernya.

“Tak ada yang tertarik untuk membeli seluruh entitas BlackBerry. Saya pikir sekarang mereka (BlackBerry) dalam tahap mengatakan: Kami akan melakukan apapun untuk memaksimalkan nilai, termasuk memecah-belah perusahaan,” ungkap Huen.

Saat ini diperkirakan, BlackBerry memiliki sekitar 9.000 paten. Itu mencakup 5.236 paten aktif di Amerika Serikat dan 3.730 aplikasi aktif di industri komunikasi nirkabel. Sekedar informasi, perusahaan yang dibeli Google pada 2012 silam, Motorola Mobility memiliki sekitar 17.000 paten teknologi dan 7.500 aplikasi. Raksasa mesin pencari itu rela merogoh kocek hingga US$ 12,5 miliar guna membeli seluruh aset perusahaan AS tersebut.
 
 
 
 
 

0 Comment:

Traffic Counter Site


PageRank Checker
View additional information about zest-warnet.info through Majestic SEO Site Explorer.
zest-warnet.info review, PageRank, website value and SEO analytics
zest-warnet.info Webutation

Flag Counter

 © www.zest-warnet.info |Get This Widget |

Arsip

Real Time Analytics